stcharlestavern.com – Kepribadian yang dimiliki oleh seseorang memang akan menentukan banyak sekali hal penting di dalam hidupnya. Namun seperti yang diketahui bahwa jenis kepribadian manusia sendiri tergolong bermacam-macam dan tidak bisa dipukul sama rata semuanya. Dari semua jenis kepribadian yang ada maka bisa dibilang bahwa sifat introvert adalah yang paling sering disalahpahami.

Banyak yang menganggap bahwa orang dengan sifat introvert memiliki kepribadian yang aneh dan tidak normal. Tidak heran apabila kemudian mereka lebih memilih menjauhi orang dengan kepribadian introvert. Kenapa bisa begitu? Karena orang dengan kepribadian introvert erat dengan citra pemurung, penyendiri dan juga tidak menyenangkan.

Citra tersebutlah yang seringkali membuat mereka dengan kepribadian introvert sudah dijauhi oleh banyak orang sebelum diberikan ruang untuk menjelaskan dirinya. Padahal dalam kenyataannya, banyak anggapan tentang introvert yang salah paham dan hanya menyudutkan saja. Lantas apa sih sebenarnya introvert itu? Supaya tidak salah paham lagi, ada baiknya untuk memahami kepribadian ini secara lebih mendalam dan tanpa penghakiman.

Pengertian Introvert

Introvert

Langkah pertama untuk bisa memahami introvert tentunya adalah dengan mengetahui pengertian dari introvert itu sendiri. Simpang siurnya pemahaman tentang introvert ini tidak bisa dilepaskan dari banyaknya orang yang masih salah paham tentang pengertian introvert ini.

Banyak orang yang mengartikan bahwa introvert adalah orang pendiam. Namun ternyata pemahaman tersebut kurang tepat karena orang introvert sudah pasti diam tapi orang diam belum tentu introvert.

Lantas apa sih sebenarnya arti dari introvert itu sendiri? Sederhananya, introvert adalah kepribadian yang cenderung akan lebih fokus pada dunia pikiran, dunia perasaan dan lebih fokus ke dalam dirinya sendiri. Dalam artian, orang dengan kepribadian introvert ini tidak perlu mencari stimulus ke luar dari dirinya dan bisa menemukan di dalam dirinya sendiri.

Lain dengan sifat kepribadian lainnya yang seringkali harus mencari stimulus dari pihak luar. Hal tersebutlah yang kemudian membuat mereka yang tidak memiliki sifat introvert akan terkesan ramai dan juga sering keluar rumah.

Semuanya dilakukan demi mendapatkan stimulus tersebut. Namun terkadang penjelasan sederhana tersebut masih belum cukup untuk memahami benar-benar dari pengertian introvert ini. Untuk itulah, ada baiknya pemahaman akan introvert ini ditelaah jauh lebih dalam lagi seperti berikut.

Apa Itu Introvert?

pengertian introvert

Satu pertanyaan itu pastinya ditanyakan oleh banyak orang yang masih belum memahami benar-benar tentang arti dari introvert itu sendiri. Sebenarnya kata introvert ini sendiri berasal dari kata introversion. Tidak sembarangan, karena kata itu merujuk langsung pada kata introversion yang sebenarnya sedikit banyak sudah mengartikan dari kata introvert itu sendiri.

Introversion ini sendiri merujuk langsung dari cara para orang introvert mendapatkan energinya. Setiap manusia pastinya membutuhkan energi untuk menjalani aktivitas sehari-harinya. Seringkali energi ini habis ketika mesti melakukan berbagai aktivitas yang padat. Hanya saja perlu menjadi catatan khusus bahwa setiap orang akan mengisi energinya dengan cara yang berbeda-beda tergantung kepribadiannya.

Contohnya untuk mereka yang memiliki kepribadian introvert maka caranya untuk mengisi energi adalah dengan menyendiri ataupun menjauhi kerumunan. Lain sekali dengan mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert.

Mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert maka bisa dipastikan cara mengisi energinya adalah dengan berkegiatan atau beraktivitas di luar ruangan. Tidak heran apabila kemudian meerka yang memiliki kepribadian ekstrovert ini suka sekali bertemu dengan banyak orang ramai dan juga memiliki kepribadian yang ramai.

Also Read :  Ketahui Harga Beton Saluran Air yang Terkini

Arti Introvert

apa itu introvert

Kini, kamu sudah menjawab pertanyaan dari apa itu introvert? Namun sebaiknya jangan puas sampai di titik itu saja. Soalnya definisi dari introvert ini sendiri terbilang cukup luas. Beberapa ahli memiliki pandangan dan pendapatnya sendiri tentang arti introvert itu. Dimulai dengan Carl Gustav Jung yang tentunya sudah tidak asing lagi di dunia psikologi.

Bahkan beliaulah yang pertama kali mengenalkan konsep introvert dan ekstrovert dalam dunia psikologi manusia. Jadi tentunya pandangan beliau tentang definisi atau arti introvert menjadi sangat penting untuk diketahui. Dalam bukunya sendiri, Carl Gustav Jung mengungkapkan bahwa introvert adalah energi spektrum yang mengubah energi psikis di dalam diri manusia. Nantinya energi psikis tersebut akan disesuaikan dengan subjektifitas dari pemiliknya.

Ahli lain yaitu Heathline juga memiliki pendapatnya sendiri tentang arti dari introvert itu sendiri. Dalam pandangannya, introvert adalah kepribadian yang dimiliki oleh seseorang yang lebih nyaman melakukan segala aktivitasnya seorang diri. Namun bukan berarti bahwa orang tersebut akan memilih selalu sendirian.

Hanya saja, orang dengan kepribadian introvert akan lebih sering memilih momen untuk sendirian ataupun berteman dengan segelintir orang saja. Selain itu, segelintir orang yang dipilih oleh orang introvert sendiri bukanlah orang sembarangan. Namun orang yang sudah difilter dan sudah dipilih dengan ketat oleh orang introvert untuk menjadi temannya.

Orang Introvert

orang introvert

Membicarakan panjang lebar tentang kepribadian introvert tentunya akan terasa kurang apabila  tidak mengetahui siapa saja tokoh terkenal yang memiliki kepribadian ini. Sekaligus untuk membuktikan bahwa sifat introvert ini bukanlah penghalang bagi seseorang untuk bisa sukses dalam bidangnya masing-masing. Apakah kamu penasaran siapa saja orang-orang sukses yang diketahui memiliki kepribadian introvert? Ini jawabannya.

1. Bung Hatta

bung hatta

Semua orang pasti sepakat bahwa Bung Hatta dikenal sebagai pribadi yang pendiam dan tidak terlalu banyak bicara. Meski begitu, peranan dan juga jasanya sebagai proklamator kemerdekaan tidak perlu dipertanyakan lagi.

Berdampingan dengan Presiden Soekarno membuat Moh. Hatta menunjukan performanya yang luar biasa sebagai pemimpin. Kemerdekaan Indonesia yang berhasil didapatkan adalah bukti nyatanya. Ternyata sifat introvert tidak menjadi penghalang bagi beliau untuk memberikan kemampuan dan jasa terbaiknya untuk negara Indonesia.

2. Albert Einstein

albert einstein

Dianggap sebagai salah satu orang paling jenius di dunia pastinya membuat Albert Einstein memiliki tingkat kecerdasan yang tidak perlu diragukan lagi. Ternyata kecerdasan tersebut tidak bisa dilepaskan dari kepribadian introvert yang dimiliki. Dalam keheningan berpikirnya tersebutlah, Albert Einstein menemukan berbagai teori yang menggemparkan dunia hingga sekarang ini.

Sesuatu yang pastinya mempertegas bahwa orang dengan kepribadian introvert tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Bahkan nama Albert Einstein sendiri masih terus dikenang hingga sekarang ini. Menandakan bahwa pemikirannya masih hidup meskipun dia sudah tidak lagi ada.

3. J.K Rowling

jk rowling

Dalam dunia sastra sendiri, juga tidak ketinggalan ada orang introvert yang berhasil mencuri perhatian khayalak luas. Siapakah dia? Bagi kamu yang mengaku sebagai pecinta Harry Potter pasti sudah tahu siapa dia. Siapa lagi kalau bukan J.K. Rowling yang merupakan pengarang dari buku Harry Potter yang terkenal hingga ke seluruh dunia.

Bahkan dalam sebuah wawancara, J.K. Rowling mengatakan bahwa idenya menulis cerita Harry Potter yang penuh imajinasi tidak bisa dilepaskan dari sifat intovertnya yang suka melamun. Dalam lamunan tersebutlah, terangkai cerita Harry Potter yang sangat fenomenal.

Ciri Introvert

ciri introvert

Mengingat bahwa pengertian introvert dan contoh orang introvert sudah kamu ketahu. Lantas apa hal berikutnya yang penting diketahui? Kamu bisa memulainya dengan mengetahui ciri yang dimiliki. Hal ini tergolong penting untuk mengetahui sekaligus memastikan apakah seseorang memiliki kepribadian introvert atau tidak.

Also Read :  Emina Creamatte Lip Cream yang Melembabkan Bibir

Jalan tercepat untuk mengetahuinya adalah dengan memperhatikan ciri-ciri yang diperlihatkan oleh orang tersebut. Lantas apa saja sih ciri-ciri dari seseorang memiliki kepribadian introvert? Berikut ini adalah jawabannya.

1. Lebih Nyaman Bekerja Sendiri

Ciri pertama yang dimiliki oleh mereka yang memiliki sifat introvert adalah kebiasaan mereka yang lebih nyaman bekerja sendiri. Bukan tanpa alasan karena seorang introvert ternyata mendapatkan fokus yang jauh lebih tinggi ketika seorang diri. Dalam arti kata lain, introvert akan jauh lebih terganggu dan sulit berkonsentrasi ketika bekerja dengan terlalu banyak orang.

2. Sosialiasi Sangat Menguras Energi

Sebagai makhluk sosial maka pastinya setiap manusia membutuhkan interaksi sosial. Hanya saja untuk mereka yang memiliki kepribadian introvert maka intensitas mereka dalam bersosialisasi mereka cukup berbeda. Bahkan banyak introvert yang mengaku bahwa intensitas sosialisasi yang terlalu tinggi akan sangat menguras energi mereka. Jadi jangan heran apabila kemudian banyak orang introvert yang sangat membatasi intensitas sosialisasi mereka.

3. Memiliki Imajinasi Tinggi

Daya khayal ternyata tidak bisa dilepaskan dari mereka yang memiliki kepribadian introvert. Hal tersebut dapat terlihat dari seringnya mereka yang seringkali melamun dalam beberapa kondisi. Ternyata melamunnya adalah sedang mengeksplorasi ruang imajinasi mereka. Tidak heran apabila kemudian para introvert ini seringkali menemukan banyak ide kreatif dan juga brilian dalam lamunannya.

4. Memilih Lingkar Pertemanan yang Kecil

Banyak teman itu banyak kebahagiaan sepertinya tidak terlalu berlaku untuk mereka yang memiliki kepribadian introvert. Soalnya kebanyakan para introvert ini lebih memilih menjaga lingkar pertemanan yang dimiliki agar tetap kecil. Lingkar pertemanan kecil tersebut juga diisi oleh teman-teman yang sudah melalui proses pemilihan dan filter yang ketat terlebih dulu. Jadi bisa dibilang, tidak orang sembarangan yang bisa masuk ke dalam lingkar pertemanan dari introvert tersebut.

5. Lebih Mudah Mengekspresikan Perasaan Lewat Tulisan

Ciri terakhir dari orang yang memiliki kepribadian introvert adalah ternyata mereka lebih mudah mengekspresikan perasaannya melalui tulisan. Hal tersebut tentunya masih berhubungan dengan ketidaknyaman para introvert untuk mengungkapkan pemikiran ataupun perasaannya secara langsung. Tidak heran apabila kemudian banyak penulis hebat dan penulis besar di dunia adalah teryata mereka yang memiliki kepribadian sebagai introvert.

Introvert VS Ekstrovert

ekstrovert vs introvert

Membahas kepribadian introvert tentunya akan baru seimbang ketika menelaah kepribadian ekstrovert. Kedua kepribadian ini memang tak ubahnya dua sisi mata koin yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Hanya saja kepribadian ekstrovert ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh mereka yang memiliki kepribadian introvert.

Kelebihan tersebut adalah dimulai dengan mereka yang mudah sekali berteman dan juga biasanya memiliki banyak teman. Jadi jangan heran apabila kemudian bagi orang yang memiliki sifat ekstrovert maka akan lebih mudah menjalin relasi. Keunggulan berikutnya yang dimiliki oleh pemilik sifat ekstrovert adalah mereka memilki kemampuan komunikasi di atas rata-rata. Kemampuan tersebut akan jauh lebih memudahkan mereka dalam menjalin hubungan dengan banyak orang sekaligus.

Deretan kelebihan yang dimiliki oleh kepribadian ekstrovert pastinya akan membuat banyak orang yang membandingkan antara kepribadian introvert dan kepribadian ekstrovert. Manakah yang lebih baik? Sebenarnya tidak ada jawaban dari pertanyaan tersebut.

Alasannya adalah karena tidak ada yang lebih baik dari satu sama lain. Dalam arti kata lain, setiap kepribadian tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi saling mengadu antar sifat atau kepribadian tentunya bukanlah pilihan yang bijak. Karena setiap kepribadian memiliki peranannya masing-masing dalam tatanan dunia.

Also Read :  Ketahui Harga Beton Saluran Air yang Terkini

Kelebihan Introvert

kelebihan introvert

Sayangnya, meskipun sudah dijelaskan panjang lebar tentang definisi dan pengertian dari sifat introvert. Nyatanya masih banyak orang yang memandang sebelah mata terhadap orang-orang yang memiliki sifat introvert ini. Jadi untuk bisa menghilangkan stigma negatif tersebut maka tidak ada salahnya untuk mengetahui berbagai keunggulan ataupun kelebihan dari mereka yang memiliki sifat introvert ini. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh orang dengan sifat introvert.

1. Berpikir sebelum Berbicara

Di dunia yang lebih banyak orang yang berbicara tanpa berpikir seringkali membuat banyak orang salah paham hingga sakit hati. Untuk itulah, para introvert akan menjadi unik karena menjadi berbeda. Perbedaan tersebut adalah karena memiliki keunggulan yaitu berpikir terlebih dulu sebelum berbicara. Hal tersebutlah yang kemudian membuat introvert jarang sekali membuat konflik dalam pembicarannya. Alasannya adalah karena  para introvert akan memilih dan memilah setiap kata yang keluar dari mulutnya dengan cara terbaiknya.

2. Seorang Pengamat yang Sangat Baik

Informasi adalah hal sangat penting untuk bisa dimanfaatkan dalam pembuatan keputusan. Jika membicarakan tentang informasi maka bisa dibilang kalau introvert adalah rajanya. Kenapa bisa begitu? Sederhana saja, karena para introvet biasanya merupakan seorang pengamat yang sangat baik. Mereka bisa menebak sifat, kebiasaan, tujuan hingga motivasi setiap orang dengan melakukan pengamatan secara detail.

3. Jago dalam Menjaga Rahasia

Ketakutan banyak orang ketika curhat ke orang lain adalah apabila cerita atau rahasia miliknya dibagikan ke orang lain. Namun hal tersebut tidak akan terjadi ketika kamu berceita ke temanku yang memiliki kepribadian introvert. Hal tersebut tidak lepas dari kelebihan mereka yang sangat jago dalam menjaga rahasia. Kelebihan ini disebabkan karena introvert sangat menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh orang lain. Jadi mereka sangat ahli dan bisa dipercaya dalam menjaga rahasia yang kamu miliki lho.

Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

pekerjaan introvert

Menilik stigma negatif orang dengan sifat introvert yang dianggap penyendiri dan sulit bersosialisasi membuat banyak orang beranggapan bahwa mereka tidak cocok bekerja di bidang apapun. Namun, anggapan tersebut jelas salah besar dan keliru. Karena ada beberapa pekerjaan yang cocok untuk introvert dengan penghasilan yang tidak main-main lho. Berikut ada beberapa daftarnya.

1. Penulis

Dengan kemampuannya dalam berimajinasi dan merangkai kata-kata pastinya pekerjaan penulis adalah pilihan yang cocok bagi introvert. Apalagi dengan profesi ini mereka tidak perlu interaksi sosial yang berlebihan. Jadi mereka tetap bisa mengisi energinya dnegan baik.

2. Programmer

Banyak orang yang beranggapan bahwa profesi sebagai seorang programmer adalah profesi yang membosankan. Soalnya profesi tersebut seringkali membuat orang harus menghabiskan banyak waktunya di depan komputer saja. Namun alih-alih membosankan ternyata profesi tersebut sangat cocok dipilih oleh kamu yang memiliki kepribadian introvert.

3. Peneliti

Untuk bisa menjadi seorang peneliti maka pastinya dibutuhkan ketekunan dan juga ketelitian yang tinggi. Dua kemampuan yang dimiliki oleh mereka yang sifat introvert. Jadi bagi kamu yang bersifat introvert dan memiliki kemampuan tersebut maka jangan ragu memilih profesi yang satu ini.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat kamu lebih memahami kepribadian introvert yang sering disalahpahami. Jadi tentunya sudah bukan zamannya lagi menyudutkan mereka yang memiliki sifat atau kepribadian introvert. Karena di dalam kepribadian tersebut terdapat banyak sekali hal istimewa dan kelebihan yang bisa digali jauh lebih dalam lagi. Oiya, jangan lupa mampir juga ke artikel Aliamaharani , disitu saya akan banyak mengulas tentang jasa titip barang dari cina.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *