Apabila kamu hidup di masa lalu pastinya kebutuhan utama adalah sandang dan pangan. Namun ketika kamu hidup di era modern ini maka kebutuhan utama kemudian ikut bertambah. Bukan hanya sandang dan pangan tapi juga internet. Kebutuhan untuk saling terhubung antara satu sama lain memang membuat banyak perangkat lantas muncul untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Nah salah satunya yang paling sering muncul di permukaan adalah perangkat router ini. Mungkin keberadaan perangkat router ini sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Apalagi kalau mengingat bahwa perangkat router ini sendiri banyak sekali ditemukan di berbagai kantor maupun ruangan kerja.

Sesuatu yang pastinya kemudian menimbukan pertanyaan, kenapa router tersebut banyak sekali bertebaran di sana? Hal tersebut tentunya menegaskan bahwa router ini bukanlah peralatan maupun perlengkapan yang sembarangan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu atau belum mengenal dengan perlengkapan router ini.

Tanpa pengetahuan yang cukup tentang router ini tentunya akan menjadi jauh lebih sulit untuk bisa memanfaatkan keberadaan router ini. Sesuatu yang pastinya akan sangat disayangkan sekali apabila mengingat melimpahnya manfaat yang dimiliki oleh router ini. Bagi kamu yang ingin bisa memaksimalkan fungsi dari router ini maka penting terlebih dulu untuk mengenalinya lebih detail. Termasuk dengan mengetahui berbagai hal penting tentang router seperti berikut ini.

Pengertian Router

Sebelum melangkah terlalu jauh maka ada baiknya lho untuk mengenal router dari segi definisinya terlebih dulu. Soalnya akan percuma saja kamu mengetahui berbagai fungi berupa dari router ini tanpa mengetahui artinya. Sederhananya, router ini adalah sebuah alat atau perangkat yang memiliki tujuan untuk mengirimkan paket data menggunakan jaringan yang tersedia.

Selain menggunakan jaringan maka koneksi internet juga bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan data yang diinginkan tersebut. Jadi tugas utama dari perlengkapan router ini adalah untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda untuk bisa saling terkoneksi antara satu sama lain. Sebuah fungsi yang pastinya akan sangat memudahkan bagi siapapun penggunanya.

Nantinya router ini akan mulai mengirimkan data yang dikirimkan dari satu jaringan ke jaringan lainnya menggunakan perantara jaringan ataupun internet. Proses itu sendiri disebut dengan routing dan akan mulai menunjukan kegunaannya kepada kamu. Namun kemudian muncul pertanyaan yang berikutnya yaitu apa perbedaan antara router dan switch.

Apalagi mengingat bahwa seringkali banyak yang menganggap bahwa router dan switch ini terlihat serupa. Sesuatu yang kemudian membuat banyak orang menjadi keliru karenanya. Untuk itulah, pastinya banyak orang termasuk kamu yang ingin mengetahui perbedaan keduanya tapi secara jauh lebih sederhana.

Akan jauh lebih mudah apabila mendefinisikannya menggunakan analogi untuk menjadikan perbedaan antara kedua perangkat tersebut. Analoginya adalah switch itu tak ubahnya sebuah gang yang menghubungkan antar rumah. Sedangkan router adalah yang menghubungkan antar gang tersebut untuk saling terhubung. Dengan menggunakan analogi tersebut maka pastinya akan jauh lebih memudahkan bagi siapapun untuk bisa memahaminya.

Fungsi Router

Kini, kamu sudah mengetahui definisi sekaligus pengertian dari router itu sendiri. Namun tentunya jangan puas sampai di situ saja dong. Karena kalau kamu hanya mengerti definisinya tanpa mengerti fungsinya tentu akan menjadi sia-sia belaka. Untuk lebih mudahnya maka fungsi router dibagi dalam beberapa poin penting seperti berikut ini.

– Penghubung Informasi

Fungsi pertama dari router ini sendiri adalah menjadi penghubung antara informasi yang satu dengan informasi yang lainnya. Dalam arti kata lain, router ini memiliki manfaat untuk bisa mengirimkan data informasi menggunakan media internet ataupun medium jaringan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing antar jaringan. Namun tentunya dengan catatan bahwa jaringan yang akan dihubungkan tersebut masih berada dalam satu rute yang sama.

– Menjadi Firewall

Menyaring data atau informasi yang masuk ke dalam sebuah jaringan ternyata menjadi fungsi dari router yang berikutnya. Hanya saja, kamu perlu mengingatnya baik-baik bahwa tidak semua jenis router memiliki fungsi sebagai firewall. Terutama untuk router jenis lama yang biasanya tidak memiliki fungsi sebagai firewall ini. Jadi tidak ada salahnya bagi kamu lho untuk mengecek terlebih dulu router yang akan digunakan.

– Memutuskan Lalu Lintas Data

Menghubungkan dua jaringan yang berbeda bukan berarti tidak ada masalah berarti. Seringkali berupa-rupa halangan kemudian muncul untuk membuat koneksi antar kedua jaringan tersebut menjadi gagal dilakukan atau bahkan kemudian memunculkan masalah baru.

Termasuk masalah terjadinya broadcast storm yang akan menyebabkan gangguan terhadap koneksi kedua jaringan yang akan dihubungkan. Hal tersebutlah yang kemudian manfaat dari perangkat router ini menjadi dibutuhkan. Karena nantinya router ini akan memutuskan lalu lintas data yang dianggap bermasalah.

– Menganalisis Paket Data

Nyatanya setiap data yang masuk tidak diterima secara sembarangan oleh router dengan begitu saja. Karena perangkat router ini akan melakukan analisis paket data terlebih dulu untuk kemudian menyeleksi setiap data yang akan dimasukan ke bagian jaringan yang mana. Hal ini tentunya akan berguna membantu proses pengiriman data menjadi jauh lebih aman bagi setiap jaringan yang terhubung.

– Mentransmisikan Informasi  

Banyak orang yang kemudian menyebut perangkat router ini tak ubahnya sebuah jembatan. Apalagi mengingat fungsinya maka sebutan sebagai jembatan tersebut tentunya adalah sebuah panggilan yang tepat. Karena fungsi lainnya dari router ini adalah untuk menjembatani antar informasi atau data dengan beberapa jaringan yang sudah ditentukan. Seringkali juga disebut sebagai proses transmisi informasi.

Jenis Router

Mengetahui fungsi dari perangkat router ini memang adalah hal yang penting penting. Namun semuanya akan percuma saja lho apabila kamu tidak mengetahui berbagai jenis router yang ada. Soalnya fungsi tersebut akan sangat tergantung sekali dengan jenis router yang dipilih.

Tiap router yang dipilih tentunya akan memberikan manfaatnya masing-masing. Jadi bagi kamu yang ingin spesifik mendapatkan manfaat tertentu maka tentunya penting sekali memilih jenis router yang tepat. Semuanya bisa dimulai dengan mengetahui terlebih dulu jenis router seperti berikut.

Jenis Router Berdasarkan Mekanisme Kerjanya

Satu hal penting yang mesti diketahui bahwa pembagian jenis router ini dibebadakan menurut cara kerjanya. Untuk cara kerjanya sendiri, maka router akan dibedakan menjadi dua. Jenis yang pertama adalah router yang berdasarkan mekanisme kerjanya. Untuk router yang berdasarkan mekanisme kerja ini maka dibedakan dalam beberapa cara seperti ini.

– Router Statis

Pertama adalah router statis yang merupakan bagian dari jenis router yang dibedakan sesuai dengan mekanisme kerjanya. Tak ubahnya setiap jenis perangkat maka pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal tersebut juga tidak luput dari router statis ini.

Guna lebih memudahkan maka ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu keunggulan yang dimiliki oleh router statis ini yaitu terdapat filter administrator. Dengan fitur tersebut maka memungkinkan pihak administrator untuk melakukan filter atau memilih rute yang mana dipilih untuk dilalui jaringan router tersebut. Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh router statis ini adalah membutuhkan administrator yang benar-benar paham tentang seluk beluk jaringan router ini.

– Router Dinamis

Seperti perbandingan terbalik dari router statis maka kemudian hadirlah router dinamis seperti yang satu ini. Keunggulan yang dimiliki oleh router dinamis ini adalah proses penggunannya yang terbilang praktis dan juga otomatis langsung beroperasi. Hal tersebut tentunya berefek langsung pada kerja dari administrator yang tidak terlalu kepayahan dalam mengurus jaringan.

Tidak heran apabila jenis router dinamis ini seringkali digunakan pada kantor-kantor besar yang memiliki kesibukan jaringan dan juga kebutuhan jaringan yang besar. Meski begitu kekurangan dari router dinamis juga mesti diperhatikan. Sebut saja seperti karena router ini bekerja otomatis maka tidak bisa mengatur dan melakukan perubahan manual secara mendadak.

– Wireless Router

Seperti namanya maka wireless router ini tidak membutuhkan kabel untuk bisa bekerja. Jadi dalam artian, bisa menjadi router statis dan juga router dinamis tergantung kebutuhan. Keunggulan paling utama dari jenis router ini adalah tidak adanya kabel pastinya akan lebih memudahkan proses pemasangan dan proses instalasi nantinya.

Tidak seperti jenis router lainnya yang seringkali memakan banyak waktu dalam proses pemasangannya. Namun kamu juga jangan sampai lupa lho bahwa wireless router ini juga memiliki kekurangannya yaitu dibutuhkan ketelitian tersendiri untuk merawatnya.

Jenis Router Dari Pengaplikasiannya

Bagus apabila kamu sudah mengerti tentang router berdasarkan mekanisme kerjanya. Sekarang, kamu bisa berlanjut ke jenis berikutnya yaitu jenis router dari pengaplikasiannya seperti yang satu ini. Tak ubahnya seperti router jenis mekanisme kerja maka router dari pengaplikasiannya ini juga dibedakan dalam beberapa jenis dengan fungsinya masing-masing:

– Router Fisik

Bisa dibilang, router fisik atau dikenal juga dengan nama router hardware adalah yang paling mudah dikenali oleh siapapun. Alasannya sederhana saja karena router fisik ini memiliki bentuk fisik paling nyata dan paling mudah terlihat. Bagi mereka yang awam maka router fisik ini bentuknya merupai dengan modem ataupun switch. Tidak heran apabila kemudian banyak yang seringkali membedakan antara satu sama lain.

– Router Software

Serupa dengan namanya maka router software ini berbentuk software atau aplikasi yang tidak berbentuk fisik. Jadi bagi kamu yang ingin menggunakannya maka tentunya mesti melakukan install software ini terlebih dulu. Memang terdengar praktis tapi nyatanya router software ini jauh apabila dibandingkan dengan router fisik. Dalam arti kata lain, router fisik memiliki keunggulan yang jauh lebih banyak daripada router software ini.

– Router PC

Terakhir adalah jenis router PC yang berbeda dengan router software. Apabila router software mesti melalui proses instalasi terlebih dulu sebelum digunakan maka router PC tidak perlu melalui proses tersebut. Hal tersebut tidak lepas karena router PC memang sudah terpasang router di dalamnya

Jadi terbilang, fungsi utama dari PC tersebut memang sebagai router. Fungsinya yang terbilang unik tersebutlah yang kemudian membuat jenis router ini jarang sekali dimiliki oleh orang-orang. Padahal spesifikasi komputer yang bisa dijadikan router PC ini tidaklah terlalu tinggi. Spesifikasi komputer standar juga sudah lebih dari cukup untuk kemudian dijadikan sebagai router PC.

Harga Router

Bagaimana? Sekarang kamu sudah mengetahui fungsi dan juga jenis router yang ada di pasaran. Mengingat semua hal tersebut maka pastinya membuat muncul keinginan untuk bisa memiliki atau membeli router ini. Namun kemudian pastinya akan muncul pertanyaan: sebenarnya berapa harga router? Pertanyaan ini sendiri tergolong logis dilontarkan apabila mengingat masih banyak orang yang awam tentang router ini. Termasuk awam terhadap harga router yang ada di pasaran.

Tak ada bedanya dengan jenis produk lainnya yang memiliki harga berbeda tergantung varian. Hukum yang sama juga berlaku untuk perangkat router ini. Namun untuk patokan kira-kira kamu maka ada baiknya mengetahui harga router dari tiga produk yang paling banyak dicari.

Pertama adalah jenis produk PROLINK wireless AC 12000 MU-MIMO Dual band Gigabit yang dipatok dengan harga sekitar Rp 900.000,00. Lalu produk yang kedua adalah TENDA 4G FDD LTE 150 Mbps pocket mobil wireless router yang dipatok dengan harga mulai dari Rp 1.000.000,00. Sedangkan jenis router terakhir yang paling difavoritkan adalah LINKSYS Max Stream AC 22000 Tri Band Wifi Router yang dibanderol dengan harga hingga Rp 3.146.000,00. Keputusan final tentunya ada di tangan kamu. Untuk membeli atau memilih jenis router yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu dan pastinya sesuai dengan kantong kamu.

Macam-Macam Merek Router

Mendapatkan kualitas terbaik pastinya adalah harapan setiap orang yang ingin membeli router. Banyak sekali faktor yang menentukan kualitas sebuah router. Namun merek router bisa dibilang adalah faktor paling mudah untuk diteliti. Seperti macam-macam merek router terbaik Indonesia ini.

  • Cisco                                       – Huawei
  • Mikrotik                                  – NETGEAR
  • TP-Link                                   – D-Link
  • Linksys                                   – ASUS Router
  • Tenda                                      – TOTOLINK

Cara Kerja Router

Membicarakan router tanpa membicarakan cara kerjanya pastinya akan terasa ada yang kurang. Soalnya setiap bagian dari router ini tentunya memiliki fungsi kerjanya masing-masing. Untuk lebih memudahkan kamu memahaminya, ada baiknya diurai secara lebih detail saja seperti berikut.

– Hub

Bagian pertama dari router adalah hub yang berfungsi untuk menangkap sinyal dan kemudian mentransmisikannya ke perangkat komputer yang lain. Dengan catatan bahwa tiap komputer tersebut sudah saling terhubung terlebih dulu.

– Switch

Berikutnya adalah switch yang memiliki fungsi untuk menyambungkan jaringan dan menghubungkan komputer dalam LAN yang sama. Bisa dibilang, fungsi antara switch dan hub memang sekilas mirip.

– Bridge

Persis seperti namanya maka bridge ini adalah jembatan pengatur informasi agar menjadi jauh lebih teratur. Hal ini pastinya akan jauh lebih memudahkan bagi siapapun yang ingin menggunakan router tersebut.

– Repeater

Terakhir adalah repeater yang memiliki fungsi khusus untuk memperluas jaringan wifi yang terdapat pada sekitar area yang terhubung. Hal ini nantinya akan sangat berguna untuk menjangkau area-area yang selama ini sulit dijangkau sinyal Wifi.

Perbedaan Modem dan Router

Bentuknya yang serupa memang membuat banyak orang yang lantas keliru dalam membedakan antara modem dengan router. Kekeliruan yang kemudian banyak yang juga berpikir bahwa fungsi modem dan juga router itu sama. Padahal sangat berbeda lho.

Perbedaan tersebut adalah modem bertugas sebagai media pengantar koneksi internet ke komputer dengan mengandalkan jaringan telepon. Sedangkan router bertugas untuk mengarahkan data dalam satu jaringan yang sama untuk dikirimkan ke komputer ataupun menggunakan perantara modem.

Beda Router dengan Switch

Bukan hanya modem dan router yang seringkali keliru karena dianggap sama. Ternyata router dan switch juga memiliki kasus yang sama. Bagi kamu yang tidak ingin salah lagi maka penting sekali mengetahui perbedaannya.

Perbedaan yang paling mencolok adalah dari segi penampilan yaitu router memiliki fisik tampilan lebih besar dibandingkan tampilan fisik dari switch. Lantas dari segi fungsi maka mereka memiliki fungsi yang hampir serupa yaitu membagikan data di sebuah jaringan yang saling terhubung.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya berbagai hal penting tentang router sudah lebih lengkap dan lebih detail kamu ketahui. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak memiliki router kalau memang berbagai fungsinya memang akan menunjang aktivitas maupun kebutuhan kerja kamu sehari-hari.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *